PESTA SIAGA SEBAGAI AJANG UNJUK KREATIFITAS SIAGA PURWOJATI

Kegiatan Pesta siaga Kwartir Ranting Purwojati yang berlangsung meriah ternyata menyimpan banyak memori dan pencapaian bagi para barung peserta lomba. Berkenalan dengan kawan baru hingga mengenal tempat dan ilmu yang beragam membekali pramuka siaga untuk dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan sekitarnya. Kegiatan pesta siaga yang dilaksanakan pada pagi hingga siang hari tanggal 7 Februari 2024 memiliki 3 lokasi utama dalam pelaksanaanya.

                                         

Lokasi pertama yakni lapangan karangtalun kidul sebagai lokasi upacara pembukaan dan penutupan, serta gelaran pentas seni budaya barung putra. Di sebelah lapangan karangtalun kidul dan Embung Purwojati, berdiri megah SDN 2 Karangtalun kidul dengan sekolah adiwiyatanya sebagai lokasi lomba barung Putra, lokasi kesekretariatan, area komunal space, tempat pertemuan kamabigus serta gudang konsumsi. Sedangkan area lomba barung putri berada di SDN 1 Karangtalun Kidul yang bertempat tak jauh dari lokasi sebelumnya yang hanya berjarak 100 meter saja. Karena lokasi lomba yang berada di jalan arteri Purwojati mengharuskan panitia dan sie keamanan bekerjasama dengan polsek serta koramil Purwojati untuk memastikan keamanan, keselamatan dan kenyamanan peserta maupun warga masyarakat di sekitar lokasi kegiatan. Lokasi transit berada di rumah warga desa Karangtalun kidul dan menempati beberapa halaman warga untuk tempat beristirahat tiap pangkalan.

                             

Kegiatan pesta siaga tahun ini menjadi ajang unjuk kreatifitas pramuka siaga ditiap pangkalan untuk menunjukan prestasinya ditingkat ranting. Para barung harus berkompetisi dengan barung lain di 10 taman perlombaan yakni taman wawasan kebangsaan, scouting skills kompas, scouting skills tali temali, atribut kepramukaan, Taman ketaqwaan, Kim penglihatan, bumbung kemanusiaan, fun ball, dan taman seni budaya. Ditemui dilokasi kompetisi, Farel Maulid sebagai pinrung dari pangkalan SDN 1 Kalitapen menyampaikan rasa bahagia dan senang mengikuti pesta siaga karena ia dapat bertemu dengan teman baru dan mendapatkan banyak ilmu. “Perasaan saya senang, ingin ikut lagi tahun depan” imbuhnya.

                                          

Kegiatan rutin pesta siaga tidak hanya dinanti oleh peserta didik namun juga warga masyarakat di sekitar lokasi. Penduduk sekitar merasa terbantu dengan adanya siaga yang beraktifitas di lingkungan rumah mereka. Hal ini dikarenakan para barung melakukan tadabur alam sembari mengambil sampah-sampah yang berserakan di sekitar lokasi kompetisi sehingga membantu membersihkan lingkungan.

Komentar

Postingan Populer