KWARRAN PURWOJATI GELAR PENILAIAN PENCAPAIAN PRAMUKA GARUDA

 
Kwarran Purwojati menggelar penilaian pancapaian pramuka garuda pada Jumat, 8 September 2023. Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka. Pramuka Garuda yang diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda. Sebanyak 210 orang pramuka siaga dan 61 orang pramuka penggalang mengikuti pelantikan yang berlokasi di Kwarran Purwojati tepatnya di halaman dan ruang kelas SDN 1 Purwojati. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.00 dengan diikuti total 25 pangkalan dibawah naungan kwarran Purwojati. Materi pengujian pramuka garuda golongan siaga terdiri dari beberapa persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya adalah telah menyelesaikan syarat kecakapan umum (SKU) tingkat siaga tata dan berlatih sekurang-kurangnya 2 bulan setelah dilantik. Selanjutnya peserta siaga harus memiliki tanda kecakapan khusus (TKK) sekurang-kurangnya 4 kecakapan khusus. Pramuka siaga juga diharuskan membuat hasta karya, dapat menggunakan komputer, dapat berkomunikasi multi bahasa serta memiliki karakter yang baik.

                                  

Kak Surtini selaku ka mabiran harian menyampaikan betapa pentingnya pramuka garuda sebagai salah satu syarat kecakapan yang harus terus di tingkatkan dan diasah kompetensinya di tingkat yang lebih tinggi. “saat ini pramuka tidak hanya menjadi ekstrakulikyler di sekolah namun menjelma dalam jiwa peserta didik agar tertanam karakter baik sesuai tri satya dan dasa darma” imbuhnya.

                                    

Diharapkan setelah adanya penilaian pencapaian pramuka garuda, para scouts purwojati semakin semangat untuk mengikuti kegiatan kepramukaan. Para peserta yang telah mengikuti penilaian di kwarran selanjutnya mempersiapkan diri setelah pengumuman kelulusan untuk mengikuti pelantikan pramuka garuda yang akan dilaksanakan di GOR Satria Purwokerto pada Sabtu, 16 September 2023.

                                         

Komentar

Postingan Populer