KWARRAN PURWOJATI MENJADI BAGIAN DALAM GELARAN KARANG PAMITRAN NASIONAL

 

Kwartir ranting Purwojati menjadi salah satu perwakilan dari kontingen kwartir cabang Banyumas kwartir daerah Jawa Tengah dalam kegiatan karang pamitran nasional yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur pada Senin hingga Sabtu, 3 – 8 Juli 2023.

Bersama dengan 14 orang lainnya dari kwarcab Banyumas, kak Erna panggilan akrab Ernawati selaku pembina siaga putri dari ranting SD Negeri Kaliputih Kwarran Purwojati menjadi satu-satunya perwakilan kwarran Purwojati yang mewakili Kwarcab dan kwarda dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan dibuka oleh kak Kwarnas Budi Waseso yang dilanjutkan dengan kegiatan upacara pembukaan. Kak Budi menyampaikan bahwa kegiatan karang pamitran bertujuan untuk menjalin persahabatan dan persaudaraan sesama pembina Pramuka se-Indonesia, serta meningkatkan pembinaan kepramukaan yang kreatif dan inovatif.

Rangkaian Kegiatan Karang Pamitran Nasional diantaranya adalah kegiatan wawasan meliputi kapita selekta pendidikan kepramukaan, wawasan kebangsaan, implementasi kurikulum merdeka dan ekstrakulikuler wajib pendidikan kepramukaan, budaya dan moderasi beragama, literasi digital, perlindungan anak hingga tata kelola organisasi modern. Tak hanya sampai disitu, kegiatan karang pamitran nasional juga diisi dengna eksplorasi kepramukaan yang berisi materi serta pembekalan bagi pembina siaga, penggalang, penegak serta pandega. Pembekalan bagi pamong saka dan pembina inovatif serta kapusdiklatcab menjadi bagian dari komponen materi yang disampaikan saat kegiatan tersebut.

Hal menarik dalam kegiatan karang pamitran nasional adalah adanya parade budaya nusantara, permainan tradisional, music dan tari tradisional, kuliner budaya serta pentas seni budaya dimana dalam kegiatan ini berbagai suku dan kebudayaan dari Sabang hingga Merauke turut ditampilkan dan diperkenalkan kepada pramuka dari seluruh Indonesia. Kegiatan ditutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI selaku sekretaris majelis pembimbing nasional gerakan pramuka bertempat di lapangan perkemahan 2 Bumi Perkemahan Cibubur.

Komentar

Postingan Populer